Pages

Selasa, 16 Desember 2014

Sistem Pelaksanaan Pendidikan

Pelaksanaan Pendidikan

Program Pasca Sarjana - Magister Manajemen (PPS-MM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari adalah program Pasca Sarjana yang diselenggarakan dengan menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem SKS memungkinkan penyelenggaraan program studi yang luwes, dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para mahasiswa dalam merencanakan, memilih dan melaksanakan studi sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang dimilikinya.

A.      PENGERTIAN DASAR SISTEM KREDIT SEMESTER

1.      Sistem Kredit Semester (SKS)

Adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS).  Semester adalah satuan waktu terpendek untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang studi. Satu semester berlangsung selama lebih kurang 16 minggu kerja efektif. Besarnya SKS dibedakan untuk tiap metode pendidikan dan pengajaran, seperti kuliah, seminar, kapita selekta, praktikum laboratorik, praktek dan kerja lapangan, penelitian, penulisan Tesis dan sebagainya.

a.      Kegiatan Perkuliahan
Besarnya 1 (satu) SKS  kegiatan   perkuliahan  ditetapkan  setara dengan  beban studi  yang menyangkut 3 (tiga) kegiatan tiap minggu selama 1 (satu) semester :

·         Satu jam kegiatan tatap muka yang dijadwalkan, termasuk 10 menit istirahat. 
·         Satu jam kegiatan akademik terstruktur yang sebaliknya terjadwal, di bawah bimbingan dosen pengajar yang bersangkutan, misalnya pemberian dan pengerjaan soal-soal latihan, pemberian tugas-tugas, diskusi kelompok, simulasi dan sebagainya.
·         Satu jam kegiatan mandiri mahasiswa, dapat dengan petunjuk dosen yang bersangkutan, misalnya membaca, kegiatan kelompok belajar dan sebagainya.

b.      Kegiatan Seminar
Besarnya 1 (satu) sks kegiatan seminar setara dengan beban studi yang diselenggarakan tiap minggu selama 1 (satu) semester yang terdiri dari :
Satu jam kegiatan tatap muka dengan pengajar yang bersangkutan, misalnya untuk bimbingan, penyajian dalam forum dan sebagainya. Dua jam kegiatan penulisan makalah.

c.       Kegiatan Praktikum Laboratorium
Besarnya 1 (satu) SKS kegiatan Praktikum Laboratorium, Aplikasi dan sejenisnya setara dengan beban studi yang diselenggarakan tiap minggu selama 1 (satu) semester, atau setara dengan 2-3 jam kegiatan laboratorium,  termasuk penulisan laporan.

d.      Kegiatan Lapangan, Kerja Praktek dan sejenisnya
Besarnya 1 (satu) SKS kegiatan lapangan, kuliah praktek dan sejenisnya setara dengan kegiatan yang diselenggarakan 4-5 jam tiap minggu selama 1 (satu) semester, atau setara dengan 16-20 jam per bulan, termasuk penulisan laporan.

e.       Kegiatan Penelitian dan sejenisnya
Besarnya 1 (satu) SKS kegiatan penelitian, penulisan Tesis dan sejenisnya setara dengan kegiatan yang diselenggarakan 3-4 jam tiap minggu selama 1 (satu) semester, atau setara dengan 75-100 jam selama 1 bulan, termasuk penulisan laporan.

f.        Pengertian Beban Studi dan Masa Studi
Besar beban studi kumulatif untuk Program Pasca Sarjana Strata-2 (S2) - Program Magister Manajemen (MM) adalah 40-50 SKS, dengan masa studi kumulatif 4 sampai 6 semeter. Besarnya beban studi untuk program S2 ditetapkan secara paket, yaitu sebesar 12 SKS  atau 4 mata kuliah tiap semester yakni semeseter I, II dan III sedangkan pada semester IV adalah penyelesaian Tesis.

g.      Pengertian Evaluasi dan Kadaluarsa

Evaluasi keberhasilan studi dilaksanakan pada akhir semester dengan memperhitungkan nilai-nilai Tugas, Kehadiran, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan ujian lainnya. Hasil penilaian ini menentukan nilai akhir setiap mata kuliah dan kegiatan akademik lainnya. Selanjutnya nilai tersebut digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan studi mahasiswa dalam tiap semester yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi (IP), serta dalam seluruh semester yang telah ditempuh yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). 

0 komentar:

Posting Komentar

About

Page FB

Popular Posts